Senin, 28 Januari 2013

Dampak Kasus Raffi Ahmad





Kasus dugaan  penggunaan narkotika oleh Raffi Ahmad (RA) kini menjadi pembicaraan utama, baik di berbagai media informasi, maupun di sitiap pelosok kehidupan masayarakat. Efek dari pemberitaan kasus ini pun begitu terasa terutama di dunia per politikan Indonesia. Ya karena Raffi Ahmad di gadang-gadang sebagai Caleg dari PAN dan teman Raffi Ahmad, Wanda Hamidah ( WH ) adalah Anggota DPRD DKI Jakarta dari PAN juga. Ini menarik sekali dikarenakan belum lama dari kasus ini, yaitu terpecahnya kongsi politik di partai baru Nasdem.
Efek dari kedua kasus tersebut diperkirakan sangat berpengaruh pada Pemilu tahun 2014, boleh dikatakan bahwa PAN dan Nasdem kemungkinan besar mengalami kegagalan. Memang bisa saja kedua partai tersebut mengembalikan kredibilitas partai, tetapi itu sangat sulit, karena masyarakat Indonesia masih terpengaruh akan kasus-kasus tersebut. Dari 10 partai yang mengikuti pemilu 2014 kemungkinan besar kedua partai tersebut berada di posisi 5 – 10 besar. Kini kita tunggu dari partai-partai lain, untuk melancarkan serangang kepartai lawan di pemilu 2014.
Sebenarnya kasus RA bukanlah suatu isu ranah politik, tetapi masuk dalam ranah kriminal, tetapi kenyataan tersebut dimanfaatkan oleh musuh- musuh partai politik PAN untuk memberi pandangan negatif kepada PAN.  Politik pengalihan isu adalah mungkin secara logika dapat dibenarkan dengan alasan untuk mengurangi, mengalihkan atau memecah konsentrasi perhatian masyarakat yang kemudian bisa mengurangi stress atau beban psikologis masyarakat. Sehingga ada harapan yang diciptakan atas teori ini , yaitu agar emosi masyarakat terkendali dan berfungsi untuk  mengendalikan tingkat keamanan masyarakat atau negara.
Namun pada kenyataannya, politik ini rentan menciptakan masalah baru. Justru jika kondisi masyarakat telah aman kemudian diterapkan teori ini maka yang terjadi justru kekacauan baru. Perhatian masyarakat memang akan teralihkan oleh hal- hal baru namun timbul pula resiko stress masyarakat .
Selain itu politik pengalihan isu adalah politik konyol  mengapa ? sebab :
1. Diciptakan oleh kebohongan atau propaganda. Bukan realitas jujur .
2. Kekhawatiran atas terpusatnya emosi masyarakat yang diduga dapat membahayakan  negara adalah tidak berdasar dan merupakan keyakinan konyol.
3. Jelas- jelas adalah politik munafik .
Biasanya politik pengalihan isu ini dilakukan melalui penciptaan isu isu baru yang tidak masuk akal seperti Crop cyrcle , teror bom, atau isu- isu lain yang sengaja dibuat untuk itu. Agar konsentrasi masyarakat tertuju kearah isu itu.
Sehingga dengan pertimbangan- pertimbangan tersebut , politik pengalihan isu adalah jelas- jelas haram dilakukan negara. Karena merupakan politik mengada- ada. Dan segala hal haram adalah sangat dibenci Allah dan memiliki konskwensi dosa besar bagi negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar