Minggu, 17 Februari 2013

Meteor Rusia, Sebuah Hikmah


Pada pertengahan bulan Februari 2013 ini dunia dihebohkan dengan jatuhnya meteor di Rusia, Meteor dengan berat sekitar 10 Ton dengan kecepatan supersonik hingga 540.000 kilometer per jam itu meledak di ketinggian 30-50 kilometer, kemudian melintas dan jatuh di daerah tak berpenghuni. Namun demikian dampaknya sudah cukup serius. Sejumlah bangunan runtuh, dan di kota Chelyabinsk saja diperkirakan ada 1.200 orang yang mengalami luka-luka akibat terkena reruntuhan. Ketika meledak di udara itu, sempat terjadi perubahan suhu di bumi di bawahnya. Dari minus 6 derajat Celcius menjadi minus 18 derajat Celcius.
Walau sangat mengerikan, tetapi ada hikmah dari peristiwa tersebut, antara lain :
  1. Menambah rasa Iman dan Taqwa kita kepada Allah, sebab peristiwa jatuhnya meteor di Rusia, tidak lain dan tidak bukan adalah sudah kehendak Allah. 
  2. Menambah rasa syukur kita kepada Allah Ta'ala, yang masih memberikan kita nikmat dan di masih di jauhkan dari bencana, sebab jika kita tidak bersyukur karena terhindar dari jatuhnya meteor tersebut maka siksa Allah  amat pedih, perhatikan Firman Allah : Maka apakah mereka tidak melihat langit dan bumi yang ada di hadapan dan dibelakang mereka? Jika Kami Menghendaki, niscaya Kami Benamkan mereka di bumi atau Kami Jatuhkan kepada mereka gumpalan dari langit. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat Tanda (Kekuasaan Tuhan) bagi setiap hamba yang kembali (kepada-Nya) (Saba’ 34:39)
Sebenarnya masih banyak hikmah yang kita petik dari peristiwa tersebut, yang paling utama dari hikmah dari peristiwa tersebut adalah betapa kecilnya kita dibandingkan kekuasaan Allah. Bagi para penguasa, pejabat, para dewan terhormat, jangan merasa diri berkuasa, karena jika dalam hati ada secuil rasa sombong,rasa sok berkuasa, lebih mementingkan dunia dari kepentingan akhirat, lebih mementingkan golongan daripada kepentingan umat, tungguhlah azab Allah amat pedih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar